CAMPUS DAY “PENGABDIAN MASYARAKAT EDUKATIF UNTUK PELAJAR”
Abstract
ABSTRAK
Kegiatan pengabdian kepada masyarakat bertajuk Campus Day: Pengabdian Masyarakat Edukatif untuk Pelajar dilaksanakan sebagai bentuk kontribusi perguruan tinggi dalam mendukung peningkatan pengetahuan, motivasi, dan wawasan pelajar tingkat SMK di wilayah Lampung Timur. Kegiatan ini bermitra dengan SMK Muhammadiyah 1 Labuhan Maringgai, SMK IB Khalifah Bangsa, dan SMK Muhammadiyah 1, serta dilaksanakan pada tanggal 17–24 Juni 2025 bertempat di Gedung KH Mas Mansoer, Kampus 3 Universitas Muhammadiyah Metro. Metode kegiatan meliputi seminar, diskusi interaktif, pelatihan motivasi, serta pengenalan lingkungan kampus sebagai upaya memperluas wawasan pelajar mengenai dunia perguruan tinggi dan karier masa depan. Hasil kegiatan menunjukkan bahwa pelajar memperoleh peningkatan pemahaman terkait pentingnya pendidikan lanjut, serta meningkatnya motivasi belajar dan minat untuk melanjutkan studi ke jenjang yang lebih tinggi. Program ini memberikan dampak positif terhadap pelajar dan diharapkan dapat menjadi program rutin tahunan.
Kata kunci: pengabdian masyarakat, pelajar SMK, campus day, motivasi pendidikan, edukasi karier.
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
DAFTAR PUSTAKA
Anwar, M. K., & Suryadi, T. (2021). Peran Perguruan Tinggi dalam Meningkatkan Minat Melanjutkan Studi ke Jenjang Pendidikan Tinggi di Kalangan Pelajar. Jurnal Pengabdian Masyarakat, 5(2), 134–142. https://doi.org/10.25077/jpm.5.2.134-142.2021
Kurniawan, A., & Widodo, W. (2020). Peningkatan Soft Skill dan Motivasi Belajar Siswa Melalui Program Campus Visit. Jurnal Dedikasi Pendidikan, 3(1), 45–53. https://doi.org/10.26740/jdp.v3n1.p45-53
Fatmawati, N., & Susanti, R. (2019). Pengaruh Kegiatan Campus Day terhadap Pemahaman Siswa tentang Dunia Kampus. Jurnal Pendidikan dan Pengabdian Masyarakat, 6(1), 77–84.
Hapsari, A. Y., & Setiawan, D. (2022). Pengenalan Dunia Kampus bagi Siswa Sekolah Menengah Kejuruan sebagai Upaya Edukasi Masa Depan. Jurnal Inovasi Pendidikan, 8(3), 110–119.
DOI: http://dx.doi.org/10.24127/sss.v9i2.4491
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Supported by: