Pengembangan E-Modul Peristiwa Agresi Militer Belanda II di Desa Tempuran Sebagai Bahan Ajar Sejarah Lokal di SMAN 2 Sekampung
Abstract
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Abdullah, Taufik. (1992). Sejarah Lokal di Indonesia. Gajah Mada University Press. Jakarta.
Agustina. D. & Ambro Kian. (2020). Pengembangan Desain media Pembelajaran Berbasis Katalog Peninggalan Sejarah Lokal Untuk Menguatkan Pemahaman Sejarah Lokal Siswa SMA Negeri 3 Menggala Tulang Bawang. Jurnal Swarnadwipa. V2 (3) h. (166).
Amboro K. (2015). Membangun Kesadaran Berawal Dari Pemahaman Relasi Pemahaman Sejarah Dengan Kesadaran Sejarah Mahasiswa Program Studi Pendidikan Sejarah FKIP Universitas Muhammadiyah Metro. Historia; Jurnal Program Studi Pendidikan Sejarah, 3. (2) :109-118
Arikunto, S. (2009). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Edisi Revisi 6. Rineka Cipta. Jakarta.
Azhar Arsyad. (2013). Media Pembelajaran. Rajagrafindo Persada. Jakarta.
Baron, R.A. & Byrne, D.B. (1994). Social Psychology. Understanding Human Interaction. Allyn & Bacon : Boston.
Brehm, S.S. & Kassin, S.M. (1993). Social Psychology. Houghton Miffilin Company : Boston.
Briggs, Leslie J. (1997). Instructional Design. Educational Technology Publications Inc. New Jersey : Englewood Cliffs.
Dewan Harian Daerah Angkatan 45. (1994). Sejarah Perjuangan Pergerakan Kemerdekaan di Lampung buku II. CV. Mataram : Bandar Lampung.
Fadhilah Syahidah & Elis Setiawati. (2018). Pengembangan Modul Sejarah Lokal Kota Metro Untuk Menguatkan Kesadaran Sejarah. Jurnal Swamadwipa. Vol 2. No.3
Femia Ridha & Sumiyatun. (2020). Pengembangan Pop Up Scarpbook Untuk Menguatkan Historical Comprehension Peserta Didik Sekolah Menengah Atas. Jurnal Swarnadwipa. V.4 (1). H (30)
Hasan, S. Hamid. (2012). Pendidikan Sejarah Indonesia. Rizqi Press. Bandung.
Sapriya. (2009). Pendidikan IPS Konsep dan Pembelajaran. PT Remaja. Bandung.
Supardan. D. (2004). Pengembangan Sejarah Berbasis Pendekatan Multikultural Dan Perspektif Sejarah Lokal, Nasional Global, Dalam Integrasi Bangsa. Disertasi Doktor pada SPS. UPI. Tidak diterbitkan. Bandung.
Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitafif, Kualitatif, dan R&D). Alfabeta. Bandung.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian & Pengembangan (Research and Development). Alfabeta.Bandung.
Kemendikbud. (2013). Implementasi Kurikulum 2013. Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan. Jakarta
Nugraha, A.S. & Kuswono K. (2022). Pengembangan Alat Evaluasi Pembelajaran Sejarah Menggunakan Aplikasi Kahoot Dengan Pola Pikir Kronologis Siswa Pada Materi sejarah Kelas XII IPS di SMA Negeri 1 Kotagajah. Swarnadwipa, 3 (1).
DOI: http://dx.doi.org/10.24127/sd.v6i1.2726
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 Cahya Rahmawati, Elis Setiawati, Rendi Marta Agung
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
SWARNADWIPA: Jurnal Kajian Sejarah, Sosial, Budaya, dan Pembelajarannya (e-ISSN: 2580-7315).
Jl. Ki Hajar Dewantara, No. 116 Metro Timur, Kota Metro, Lampung, Indonesia.
Contact: Phone (https://wa.me/628982283499 Bahtiar Afwan) (swarnadwipaummetro@gmail.com and bahtiarafwan@gmail.com)
Indexing:
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Published by Faculty of Teacher Training and Education Universitas Muhammadiyah Metro.
Publisher Office: