MENINGKATKAN MINAT BELAJAR PESERTA DIDIK MELALUI PENERAPAN MODEL TEAM GAMES TOURNAMENT MEDIA KARTU DOMINO PADA MATA PELAJARAN SEJARAH INDONESIA KELAS XI 11 SMAN 1 GEDONGTATAAN

Wulan Saputri, Dedi Turmudi, Satrio Wicaksono, Dodik Santoso

Abstract


Penelitian ini bertujuan meningkatkan minat belajar peserta didik pada pembelajaran Sejarah. Desain pembelajaran pada penelitian ini menggunakan model Team Games Tournament Media Kartu Domino. Subjek penelitian ini adalah 33 peserta didik. Teknik pengumpulan data dilaksanakan secara sistematis dengan menggunakan lembar observasi. Berdasarkan pengamatan pada siklus pertama, minat belajar peserta didik termasuk dalam kategori sedang dengan rata-rata skor perolehan sebesar 2.9. Pada siklus kedua, terjadi peningkatan pada rata-rata skor yang diperoleh peserta didik yaitu sebesar 3.9 dan dilanjutkan dengan peningkatan yang signifikan pada siklus III yaitu dengan nilai rata-rata perolehan sebesar 4.7 dengan temuan dan hasil pengamatan dari siklus pertama sampai siklus ketiga terjadi kenaikan yang signifikan dan mencapai indikator yang ditetapkan oleh peneliti. Hasil penelitian ini membuktikan penerapan model Team Games Tournament Media Kartu Domino dapat meningkatkan minat belajar peserta didik. Temuan ini diharapkan dapat menjadi salah satu rujukan bagi guru guna meningkatkan minat belajar peserta didik.

Kata kunci: Minat Belajar, Model Teams Games Turnament media Kartu Domino.




DOI: http://dx.doi.org/10.24127/sd.v7i1.2866

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Wulan Saputri, Dedi Turmudi, Satrio Wicaksono, Dodik Santoso

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

SWARNADWIPA: Jurnal Kajian Sejarah, Sosial, Budaya, dan Pembelajarannya (e-ISSN: 2580-7315).

Jl. Ki Hajar Dewantara, No. 116 Metro Timur, Kota Metro, Lampung, Indonesia. 

Contact: Phone (https://wa.me/628982283499 Bahtiar Afwan) (swarnadwipaummetro@gmail.com and bahtiarafwan@gmail.com) 

Indexing:

    


This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. 

Published by Faculty of Teacher Training and Education Universitas Muhammadiyah Metro.

Publisher Office: