REPRESENTASI NASIONALISME DALAM JURNALISME MEDIA ONLINE DI MEKTV KENDARI
Abstract
Penelitian ini berupaya menganalisis representasi nasionalisme dari salah satu channel Youtube Mektv Kendari terkait Diskusi Kebangsaan terkait Peringatan Kemerdekaan RI Tahun 2022 dengan kajian semiotika Charles Sanders Pierce. Representasi nasionalisme dalam pemberitaan ini menggunakan metode kualitatif dan analisis semiotic sebagai pendekatannya. Semiotika Pierce yang digunakan oleh peneliti adalah model triangle meaning yang terdiri atas Sign, Objective dan Intrepetant. Hasil penelitian menemukan bahwa nasionalisme hari ini sudah banyak memudar dan peringatan Kemerdekaan RI ini adalah momentum baik dalam menguprade ulang nasionalisme hari ini dengan Legiun Veteran RI menjadi salah satu unsur bangsa ini yang turut berkontribusi dalam meningkatkan semangat nasionalisme masyarakat hari ini.
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Abidin, Z. (2017). Representasi Nasionalisme Dalam Film Nagabonar Jadi 2. Jurnal Politikom Indonesia, 2(1), 42-61.
Agus, E., & Zulfahmi. (2021). Pengaruh Globalisasi Terhadap Nilai Nasionalisme Generasi Muda. Iuris Studia: Jurnal Kajian Hukum, 2(1), 26-33.
Bakry, N. M. (2010). Pendidikan Pancasila. Jombang-Jawa Timur: Pustaka Pelajar.
Bungin, B. (2008). Penelitian Kualitatif Komunikasi, Ekonomi, Kebijakan Publik, dan Ilmu Sosial Lainnya. Kencana.
Danesi, & Marcel. (2010). Pesan, Tanda dan Makna Buku Teks Dasar Mengenai Siomayika dan Teorii Komunikasi . Yogyakarta: Jalasutra.
Ihsannudin, S., & Dewi, L. (2023). Efektivitas media Sosial Youtube Sebagai Sumber Informasi Wisata Kuliner Jakarta Bagi Masyarakat. Media Bina Ilmiah, 17(6), 1133-1142.
John, L., stephen, & Foss.K. (2012). Teori Komunikasi: Theories of Human Communication. Jakarta Selatan: Salemba Humanika.
Kamhar, M. Y., & Lestari, E. (2019). Pemanfaat Sosial Media Youtube Sebagai Media Pembelajaran Bahasa Indonesia di Perguruan Tinggi. INTELIGENSI: Jurnal Ilmu Pendidikan, 1(2), 1-7.
Kristianto, B. R., & Marta, R. F. (2019). Monetisasi Dalam Strategi Komunikasi Lintas Budaya Bayu Skak Melalui Video Blog Youtube. Jurnal Lugas, 3(1), 45-56.
Kriyantomo. (2008). Teknik Praktis Riset Komunikasi. Jakarta: Pustaka Kencana.
Muljana, S. (2008). Kesadaran Nasional dari Kolonialisme Sampai Kemerdekaan. LkiS.
Purnama, N. I., & Putri, L. P. (2021). Analisis Penggunaan E-Commerce di Masa Pandemi. SiNTESa, 553-558.
Puspitarini, D. S., & Nuraeni, R. (2019). Pemanfaatan Media Sosial Sebagai Media Promosi. Jurnal Common, 3(1), 71-80.
Ramly, A., Jasrudin, Putra, Z., Wajdi, F., & Ansyar. (2023). Dialog Publik Memperingati Hari Kemerdekaan Indonesia. JAI: Jurnal Abdimas Indonesia, 3(3), 157. doi: https://doi.org/10.53769/jai.v3i2.436
Romli, A. S. (2012). Jurnalistik Praktis: Untuk Pemula PT. Remaja Rosdakarya. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Satyadharma, M., & Erfain. (2022). Peran Veteran dalam Meningkatkan Semangat Nasionalisme Pada Masyarakat: Studi pada DPD LVRI Sulawesi Tenggara. Arus Jurnal Sosial dan Humaniora, 2(2), 117-127. doi:https://doi.org/10.57250/ajsh.v2i2.85
Setiadi, E. F., Azmi, A., & Indrawati, J. (2019). Youtube Sebagai Sumber Belajar Generasi Milineal. Journal of Civic Education, 2(4), 313-323.
Solihatin, E. (2009). Cooperative Learning Analisis Model Pembelajaran IPS. Jakarta: PT. Bumi Aksara.
Utami, F. T., & Zanah, M. (2021). Youtube Sebagai Sumber Informasi Bagi Peserta Didik di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Sinestesia, 11(1), 78-84.
Vera, N. (2014). Semiotika dalam Riset Komunikasi. Jakarta: Ghalia Indonesia.
Wibisono, R. A. (2008). Representasi Nasionalisme Dalam Ikatan Korporat PT.Gudang Garam Tbk. Scriptura, 2(1), 38-47. doi:https://doi.org/10.9744/scriptura.2.1.38-47
Widiyono, S. (2019). Pengembangan Nasionalisme Generasi Muda di Era Globalisasi. Jurnal Populika, 7(1), 12-21.
Wirga, E. W. (2016). Analisis Konten Pada Media Sosial Video Youtube Untuk Mendukung Strategi Kampanye Politik. Jurnal Ilmiah Informatika dan Komputer, 21(1), 14-26.
DOI: http://dx.doi.org/10.24127/sd.v7i2.2882
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 Maudhy Satyadharma

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
SWARNADWIPA: Jurnal Kajian Sejarah, Sosial, Budaya, dan Pembelajarannya (e-ISSN: 2580-7315).
Jl. Ki Hajar Dewantara, No. 116 Metro Timur, Kota Metro, Lampung, Indonesia.
Contact: Phone (https://wa.me/628982283499 Bahtiar Afwan) (swarnadwipaummetro@gmail.com and bahtiarafwan@gmail.com)
Indexing:
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Published by Faculty of Teacher Training and Education Universitas Muhammadiyah Metro.
Publisher Office: