PERENCANAAN RANGKA ATAP BAJA RINGAN

Agus Surandono

Abstract


Kayu adalah sebagai material utama dalam bangunan rumah tempat tinggal dan bangunan gedung lainnya. kayu merupakan sumber daya alam yang dapat diperbarui, tetapi apabila penggunaannya tidak diimbangi dengan pemeliharaan yang baik, maka lama-kelamaan ketersediaan kayu akan habis. harganya kayu yang terus melambung ditambah ketersediaannya kayu kualitas baik yang kian terbatas membuat kita seharusnya berfikir ulang untuk mencari material alternatif pengganti bahan alam ini seperti baja ringan.

penggunaan baja ringan dalam dunia konstruksi tidaklah sama dengan penggunaan kayu atau material lain. tidak hanya karena proses pembuatan bahan yang berlangsung di dalam pabrik, tetapi juga dalam hal pembuatan rancangan dan pemasangannya dalam bangunan itu sendiri. dengan kata lain, hampir seluruh proses pembuatan rumah yang memanfaatkan material baja ringan berlangsung di pabrik, sebelum material tersebut didirikan di suatu lokasi. teknik ini dikenal dengan nama rumah prefabrikasi atau rumah prefab.

dalam hal ini akan dibahas tentang pengertian baja ringan, macam-macam bentuk atap yang biasa digunakan, karakteristik baja ringan, serta kelebihan dan kekurangan konstruksi baja ringan.




DOI: http://dx.doi.org/10.24127/tapak.v3i2.181

DOI (PDF (Bahasa Indonesia)): http://dx.doi.org/10.24127/tp.v3i2.181.g137

Refbacks

  • There are currently no refbacks.