PENERAPAN QUIZIZZ DALAM PELAKSANAAN PENILAIAN PENGETAHUAN PESERTA DIKLAT DI BADAN PENGEMBANGAN SUMBER DAYA MANUSIA DAERAH PROVINSI SUMATERA SELATAN

Yudi Sudihartono

Abstract


Widyaiswara is demanded to be able to adapt to the dynamics of information technology development, one of which is to utilize an application as a solution in the implementation of the training participants' knowledge assessment. This research was conducted to find out how the application of Quizizz in the implementation of the assessment of training participants' knowledge in the Regional Human Resources Development Board of South Sumatra Province. The assessment conducted was used to describe the cognitive, affective and psychomotor abilities of Latsar CPNS participants. This study was conducted on 4 (four) Latsar CPNS participants who received subjects of Public Service and Public Ethics of 160 people conducted in September and October 2019. The method used was a qualitative research method, where the data generated came from the results of pre test, post test, observation and interview. The average cognitive abilities of Latsar CPNS participants from the test results relatively increased in percentage. From the results of direct observation and through video recording on 5 (five) indicators of learning concentration, Latsar CPNS participants were considered to have good psychomotor abilities. From the interview results, as an instrument to assess the affective abilities of CPNS Latsar participants, showed a positive response attitude. A comprehensive assessment of cognitive, affective and psychomotor abilities was assessed well on the application of Quizizz in the implementation of the assessment of CPNS Latsar participants in BPSDMD Prov. Sumsel.

Keywords


Quizizz, Cognitivef, Affective, Psychomotor Abilities and Indicators of Learning Concentration

References


Admaja, A. M. et al. (2019). Pengembangan Multimedia Tutorial untuk guru dalam mengembangkan software tes berbasis computer. Jurnal Inovasi dan Teknologi Pembelajaran, Kajian dan Riset dalam Teknologi Pembelajaran Vol. 5, No. 2, April 2019, Hal. 63-68.

Aprilia et al. 2014. Penerapan Konseling Kognitif dengan Teknik Pembuatan Kontrak (Contingency Contracting) untuk meningkatkan konsentrasi belajar Siswa Kelas X TKR1 SMK Negeri 3 Singaraja. E-journal Undiksa Jurusan Bimbingan Konseling Volume: 2 No 1, Tahun 2014.

Darmaningrat, E. W. T. et al. (2018). Pemanfaatan aplikasi Digital Learning pada pembelajaran pengayaan di sekolah Menengah Kota Surabaya. Seminar Nasional Sistem Informasi Indonesia, 5 November 2018.

Hasanah, H. (2016). Teknik-teknik observasi. Jurnal at-Taqaddum, Volume 8, Nomor 1, Juli 2016.

Hasanah, N. (2014). Konsentrasi belajar pada kegiatan Origami dengan menggunakan Metode Demonstrasi pada anak Kelompok b di TK ABA Gedongkiwo Kecamatan Mantrijeron Yogyakarta. Universitas Negeri Yogyakarta, Juli 2014.

Husain, C. (2014). Pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi dalam pembelajaran di SMA Muhammadiyah Tarakan. Jurnal Kebijakan dan Pengembangan Pendidikan Volume 2, Nomor 2, Juli 2014; 184-192.

Lestari, W. W. (2016). Pengembangan e-learning dengan Schoology sebagai suplemen pembelajaran Fisika pada Materi Hukum Gravitasi Newton. Fakultas Ilmu Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Lampung, Bandar Lampung 2016.

Masruro, H. B. dan Sumbawati, M. S. (2018). Penerapan e-learning berbasis Dokeos pada Mata Pelajaran Komposisi Foto Digital di SMK Negeri 1 Pungging. Jurnal IT-EDU, Volume 03 Nomor 01 Tahun 2018, [236-245].

Mawardi, L dan Widjajanto, D. (n.d.) Perancangan sistem ujian berbasis komputer. digilib/mercubuana/ac.id/…artikel…/isi_Artikel_420761507667.pdf..

Mulyadi, M. (2011). Penelitian kuantitatif dan kualitatif serta pemikiran dasar menggabungkannya. Jurnal Studi Komuniasi dan Media, Vol. 15 No. 1 (Januari – Juni 2011).

Nurbudiyani, I. (2013). Pelaksanaan pengukuran ranah kognitif, afektif dan psikomotor pada Mata Pelajaran IPS Kelas II SD Muhammadiyah Palangkaraya. Pedagogik Jurnal Pendidikan, Oktober 2013, Volume 8 Nomor 2, (14 – 20).

Oktavianta, H. dan Istiyono, E. (2016). Pengembangan instrument penilaian berbasis Quizstar untuk mengukur kemampuan kognitif peserta didik SMA pada materi pokok Teori Kinetik Gas. Jurnal Pendidikan Fisika Volume 5, Nomor 7, Tahun 2016; 437-445.

Pamungkas, P. D. A. (2017). Computer Based Test (CBT) pada Sekolah Tinggi Tarakanita Jakarta menggunakan Metode Computerized Fixed-Form Test (CFT). Jurnal Ilmiah Teknologi Informasi Terapan Volume IV, Nomor 1, 15 Desember 2017.

Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor Nomor 22 Tahun 2014 tentang Jabatan Fungsional Widyaiswara dan Angka Kreditnya.

Purba, L. S. L. (2019). Peningkatan konsentrasi belajar mahasiswa melalui pemanfaatan evaluasi pembelajaran Quizziz pada mata kuliah Kimia Fisika I. JDP Volume 12, Nomor 1, April 2019: 29-39.

Rohmah, B. N. dan Sumarsih. (2017). Pengembangan media pembelajaran game edukatif Fun Spreadsheet Quiz berbasis Adobe Flash CS6 pada mata pelajaran Spreadsheet Kelas X Akuntansi SMK Negeri 4 Klaten Tahun Ajaran 2016/2017. Kajian Pendidikan Akuntansi Indonesia Edisi 4 Tahun 2017, 1-14.

Rosmaniar, A. (2017). Pengembangan e-learning sebagai penunjang model pembelajaran Blended pada Diklat Teknis di BPSDMD Provinsi Jateng. Jurusan Kurikulum dan Teknologi Pendidikan, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Semarang.

Setyani, M. R. dan Ismah (2018). Analisis tingkat konsentrasi belajar siswa dalam proses pembelajaran Matematika ditinjau dari hasil belajar. Seminar Nasional Pendidikan Matematika 2018 Vol. 01, Oktober 2018.

Soegijono, K. R. (1993). Wawancara sebagai salah satu metode pengumpulan data. Media Litbangkes VoL III No. 01/1993.

Suwastika, I. W. K. (2018). Pengaruh E-Learning sebagai salah satu media pembelajaran berbasis Teknologi Informasi terhadap motivasi belajar mahasiswa. Jurnal Sistem dan Informatika, Vol. 13, No. 1, November 2018.

Suyoso et al. (2017). Pengembangan instrument asesmen pengetahuan Fisika berbasis komputer untuk meningkatkan kesiapan peserta diklat dalam menghadapi ujian nasional berbasis komputer. Jurnal Pendidikan Matematika dan Sains, V (1), 2017, 89-97.

Wulandari, G. S. dan Joko (2017). Penyiapan pembelajaran Learning Management System (LMS) menggunakan Edmodo Mata Pelajaran Dasar Listrik dan Elektronika di SMKN 1 Sidoarjo. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro. Volume 06 Nomer 03 Tahun 2017, 267-271.

Yasin, R. (2015). Implementasi kebijakan pemerintah dalam rekruitmen dengan sistem Computer Asssisted Test. Jurnal Ilmu Administrasi Negara, Volume 13, Nomor 2, Januari 2015: 145-150.




DOI: http://dx.doi.org/10.24127/jlpp.v5i1.1249

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Yudi Sudihartono



View My Stats



Creative Commons License
Jurnal Lentera Pendidikan by Pusat Penelitian LPPM UM METRO is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.