PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF MACROMEDIA FLASH PROFESIONAL 8 PADA PEMBELAJARAN AL-QUR’AN HADIS KELAS X SEMESTER GENAP DI MAN 1 YOGYAKARTA

Moh. Solikul Hadi, M. Sayyidul Abrori, Dwi Noviatul Zahra

Abstract


Pengembangan media pembelajaran Al-Qur’an hadist kelas X MA melalui multimedia interaktif macromedia flash didasarkan pada realitas di lapangan bahwa siswa malas belajar Al-Qur’an hadist yang mengakibatkan hasil belajar siswa menurun. Hal tersebut disebabkan oleh beberapa faktor diantaranya cara mengajar guru yang masih bersifat konvensional, media pembelajaran yang digunakan guru kurang menarik serta sumber belajar yang digunakan guru terbatas. Tujuan pengembangan multimedia interaktif ini adalah menghasilkan produk media pembelajaran Al-Qur’an hadist kelas X MA untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan metode Research and Development dengan rancangan penelitian yang diadaptasi dari model Dick and Carey. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa produk multimedia interaktif Al-Qur’an hadist kelas X MA memenuhi kriteria kelayakan dengan hasil uji ahli media mencapai tingkatkan kelayakan 88%, ahli materi mencapai tingkat kelayakan sebesar 98,75% dan guru mata pelajaran Al-Qur’an hadist mencapai kelayakan sebesar 91,25%. Hasil uji coba lapangan dengan menggunakan kelas kontrol dan kelas eksperimen di dapatkan  hasil terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil rata- rata post test kelas eksperimen lebih tinggi dari kelas kontrol dengan sig. Sebesar 0,971 lebih besar dari 0,05.


Full Text:

PDF

References


Andi, Andreas, Menguasai Pembuatan Animasi dengan Macromedia Flash. Jakarta: PT. Elex Media Komputindo, 2003

Ardiansyah, Nurdin, Macromedia Flash Profesional 8: Sebuah Tutorial Flash untuk Pemula. Kalimantan Barat: Sekadau, 2013.

Bambang, Wiyono dan Sunarni, Evaluasi Program Pendidikan dan Pembelajaran Malang: Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang, 2009.

Dalyono, M, Psikologi Pendidikan. Jakarta: Rinneka Cipta, 1997.

Darmawan, Deni, Teknologi Pembelajaran. Bandung: RosdaKarya, 2011.

Daryanto, Media Pembelajaran: Peranananya sangat Pengting dalam Mencapai tujuan Pembelajaran Yogyakarta:Gava Media, 2010.

Emzir, Metologi Penelitian Pendidikan Kuantitatif dan Kualitatif, PT. Raja Grafindo Persada: Jakarta, 2015.

Hamalik, Oemar, Media Pendidikan. Bandung: PT. Citra Aditya Bakti, 1994.

Hasil Observasi Lapangan di MAN I Yogyakarta, pada tanggal 28 November 2017

Hasil wawancara dengan Bapak Muh. Najib Asyraf,Lc.M.Ag, guru mata pelajaran Qur’an Hadis kelas X pada tanggal 28 November 2017

Hasil wawancara dengan Bapak Drs. Zuliadi,M.Ag guru mata pelajaran Qur’an Hadis kelas X pada tanggal 28 November 2017

Khairani, Majidah, “Pengembangan Media Pembelajaran dalam Bentuk Macromedia Flash Materi Tabung Untuk SMP Kelas IX” dalam Jurnal IPTEKS TERAPAN Research of Applied Science and Education Vol.10. No. 2 diakses melalui http ://ejournal. kopertis10 .or. id, 2016.

Kustandi, Cecep dan Bambang.S. Media Pembelajaran Manual dan Digital. Bogor: Ghalia Indonesia

Lampiran Keputusan Menteri Agama Republik Indonesia, No.165 Tahun 2014 tentang tentang Kurikulum Madrasah 2013 Pendidikan Agama Islam dan Bahasa Arab, Pdf.

Munir, Multimedia: Konsep & Aplikasi dalam Pendidikan. Bandung: Alfabeta, 2015.

Nasir, Muhammad, Pengembangan Model Pembelajaran Al-Qur’an Hadis Madrasah Aliyah (MA) di Samarinda dalam jurnal “Al-Qalam” Vol.20 No1, 2014.

Nassar, Merancang Pembelajaran Aktif dan Kontekstual. Jakarta: Grasindo, 2006.

Prastowo, Aris, Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Macromedia Flash 8 pada Kompetensi Dasar Mengidentifikasi Kelistrikan dan Instrumen Sepeda Motor untuk siswa kelas XI Jurusan Teknik Otomotif Sepeda Motor di SMK Negeri 9 Malang, Jurnal Teknik Mesin Vol.22, No.2. 2014.

Rahman, Taufik (Kontributor Pamekasan), Penganiayaan Guru Oleh Siswa di Sampang Begini Kronologinya.. dilansir pada laman www.kompas.com, 2018.

Rasyid, Harun dan Mansur, Penilaian Hasil Belajar Bandung:Wacana Prima, 2008.

Rohendi, Dedi, “Efektivitas Pembelajaran Multimedia Interaktif Berbasis Konteks Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran TIK”, dalam Jurnal PendidikanBandung: UPI. diakses dari http://jurnal.upi.edu. 2010

Sadiman, Arief S, Media Pendidikan: Pengertian, Pengembangan dan Pemanfaatannya. Jakarta: Raja Grafindo, 2014.

Sanaky, Hujair AH. Media Pembelajaran, Yogyakarta: Safiria Insani Press, 2009.

Sari, Restina Fatma. Pengembangan Media Pembelajaran Aqidah Akhlak Berbasis Multimedia Interktif untuk Siswa MI di Kulon Progo. Yogyakarta:Program Pasca Sarjana UIN Sunan Kalijaga, 2013.

Setyosari, Punaji. Metode Penelitian Pendidikan dan pengembangan.ed 2. Jakarta:Kencana, 2012.

Sudijono, Anas, Pengantar Evaluasi Pendidikan, Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada, 2011.

Sudjana, Nana. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar, Bandung:Rosdakarya, 2014.

Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D, Bandung: Alfabeta, 2011.

Sugiyono, Metode Penelitian Pendidikan, Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D Bandung: ALfabeta, 2016.

Sukiman, Pengembangan Media Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Insani Madani, 2012.

Sukmadinata, Nana Syaodih, Dasar-Dasar Proses Belajar-Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algesindo. 2003.

Sukmadinata, Nana Syaodih, Metode Penelitian Pendidikan, Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, 2011.

Turmudi. Metode Statistika, Malang: UIN- Press, 2008.




DOI: http://dx.doi.org/10.24127/att.v3i2.1123

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View My Stats

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.