NILAI NILAI PENDIDIKAN MULTIKULTURAL DALAM PERSPEKTIF TAFSIR AL-AZHAR KARYA BUYA HAMKA

Ivatul Mukarromah, Buyung Syukron, Isti Fathonah

Abstract


Dalam tulisan ini bertujuan menghadirkan problematika dan solusi pendidikan dalam wacana pendidikan multikultural yang dianalisa serta dikembangkan melalui pengkajian konsep serta nilai pendidikan multikultural dalam Al-Quran dengan perspektif tafsir Al-Azhar karya Buya Hamka. Metode pengkajian mengunakan kajian library riset atau kepustakaan dengan metode deskriptif kualitatif dan pendekatan tafsir maudu’i/tematik karna bersinggungan dengan kajian Al-Quran. Hasil penelitian menunjukan pada Qs. Al-Hujurat ayat 11-13   meng-intepretasi akan pendidikan multikultural berupa nilai-nilai pendidikan multikultural yakni: 1)Nilai Perdamaian, 2)Nilai Inklusivisme, 3)Nilai Kearifan, 4)Nilai Toleransi, 5)Nilai Humanisme.  

 

Keywords


Nilai, Pendidikan Multikultural, Hamka, Al-Quran

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.24127/att.v5i01.1599

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

 

View My Stats

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.