PROFESIONALISME GURU SEBUAH TUNTUTAN DALAM ERA PERUBAHAN SEBAGAI WUJUD PENGUATAN MANAJEMEN PENDIDIKAN ISLAM
Abstract
Tujuan penting pendidikan adalah untuk memberikan siswa keterampilan yang mereka perlukan untuk mengendalikan kehidupan mereka sendiri, baik sekarang maupun di masa depan. Metodologi penelitian kualitatif deskriptif digunakan untuk penelitian ini. Kajian ini memberikan gambaran tentang profesionalisme pendidik dalam kaitannya dengan teknologi pendidikan dengan standar moral dan agama. Hasil menunjukkan Guru memainkan peran penting dalam setiap pengaturan pendidikan. Yang dimaksud dengan "profesionalisme" adalah guru yang berpengalaman di bidangnya dan memiliki keterampilan pedagogis, pribadi, sosial, dan profesional yang diperlukan. Kualitas pendidikan hanya dapat meningkat jika guru diberi kesempatan untuk mengembangkan keahlian profesionalnya saat siswa belajar darinya di sekolah umum maupun Madrasah. Guru membutuhkan akses ke informasi dan kemauan untuk terus belajar agar dapat melayani siswa mereka dengan lebih baik melalui bakat mengajar mereka dan memperluas pengetahuan mereka melalui pembelajaran berkelanjutan. Hal ini tentunya merupakan wujud dari penguatan manajemen pendidikan terutama sekolah atau madrasah yang berbasis Islam.
Keywords
Full Text:
Untitled (Bahasa Indonesia)DOI: http://dx.doi.org/10.24127/att.v7i1.2675
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.