MANAJEMEN MEDIA AMAR MAKRUF NAHI MUNGKAR MESJID RAYA AL-MASHUN KOTA MEDAN

Abdi Syahputra Sagala, Soiman Soiman

Abstract


Artikel ini membahas tentang Masjid Raya Al-Mashun Medan dalam mengembangkan media dakwah serta meyampaikan amar makruf nahi munkar kepada ummat. Seirirng perkembangan zaman yang sudah mengacu kepada konstribusi teknologi maka masjid raya Al-Mashun ikut menggunakan teknologi dalam berdakwah secara dinamis. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan jenis penelitian lapamgan (field research). Sumber data dalam penelitian ini adalah informasi langsung sumber data dalam penelitian ini adalah informasi langsung dariinforman dengan menggunakan sistem wawancara semi terstruktur. Pada teknik analisis data, peneliti mengumpulkan data yang selanjutnya direduksi, disajikan kemudian disimpulkan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa media dakwah masjid raya Al-Mashun medan berupaya menjadikan media online sebagai sarana amar makruf nahi munkar dengan menggunakan manajemen perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan dan pengawasan. Dengan menggunakan media online untuk berdakwah seperti, facebook, youtobe, instagram, dan tiktok sebagai ajakan keoada ummat senantiasa mengajak berbuat  kebaikan dan melarang kepada kejahatan sesuai dengan ajaran Allah melalui Al-Quran dan Hadist.

 


Keywords


Masjid Raya Al-Mashun, Manajemen Media Dakwah, Amar Makruf Nahi Munkar



DOI: http://dx.doi.org/10.24127/att.v7i1.2696

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

 

 

View My Stats

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.