PENDIDIKAN KEIMANAN KEPADA NABI MUHAMMAD DALAM AL-QUR’AN MENURUT TAFSIR GHAIB DAN TAFSIR AL-WASITH

Ni’matul Hidayah, Mohammad Khoirul Abidin, Siti Fadilah

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah sebagai Analisa dari konsep Pendidikan keimanan terhadap Nabi Muhammad sesuai dengan ayat yang tercantum dalam Al-Qur’an surat at- Taubah ayat 128 menurut tafsir Mafatihul Ghaib dan tafsir al-Wasith. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif yang berupa library research. teknik analisisnya menggunakan analisis isi, interpretasi data yang kemudian penulis memberikan penjelasan secukupnya dari data yang diperoleh Adapun sumber primer yang digunakan oleh penulis adalah kitab tafsir Mafatihul Ghaib milik Fakhruddin ar-Razi dan tafsir Al-Wasith milik Wahbah Az Zuhaili. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendidikan keimanan dalam Islam, terutama dalam konteks Nabi Muhammad, memiliki nilai-nilai penting yang dapat dipahami melalui penafsiran ayat-ayat Al-Qur'an dan tafsir terkait seperti tafsir Mafaihul Ghaib dan tafsir al-Wasith terdapat konsep Pendidikan keimanan pada rasul yang terdiri dari sikap empati dan simpati, dan juga penyayang.


Keywords


Keimanan; Tafsir al-Wasith; Tafsir Mafatihul Ghaib



DOI: http://dx.doi.org/10.24127/att.v8i1.3324

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

 

 

View My Stats

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.