ANALISIS IMPLEMENTASI MANAJEMEN PENDIDIKAN ISLAM DI MADRASAH ALIYAH GUPPI BANJIT

Mohamad Din Hadi, Moh Ilyas Iskandar

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi faktor-faktor yang memengaruhi keberhasilan implementasi manajemen pendidikan Islam dan memberikan rekomendasi untuk meningkatkan kualitas pendidikan Islam. Pendekatan ini menggunakan pendekatan kualitatif, dengan Analisis Implementasi Manajemen Pendidikan Islam. Sumber data yang diambil dari kepala sekilah, kepala tata usaha serta guru di MA GUPPI Banjut. Teknik pengumpulan data melalui metode: 1) Observasi, 2) Wawancara, dan 3) Dokumentasi. Pengecekan keabsahan data penelitian menggunakan Teknik triangulasi. Adapun Langkah-langkah yang dilakukan dalam penelitian ini meliputi: 1) Reduksi Data, 2) Penyajian Data (data display), 3) Verifikasi Data (data verifying), dan 4) Penarikan Kesimpulan (conclusion drawing). Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor-faktor seperti komitmen pimpinan sekolah, partisipasi stakeholder, dan penggunaan teknologi informasi memengaruhi keberhasilan implementasi manajemen pendidikan Islam. Komitmen pimpinan sekolah menjadi faktor penting dalam menentukan keberhasilan implementasi manajemen pendidikan Islam. Pimpinan sekolah yang memiliki komitmen yang kuat terhadap pendidikan Islam akan mampu memotivasi tenaga pendidik dan peserta didik untuk mencapai tujuan pendidikan Islam yang diinginkan. Selain itu, partisipasi stakeholder juga menjadi faktor penting dalam keberhasilan implementasi manajemen pendidikan Islam. Stakeholder yang terlibat dalam proses pendidikan Islam, seperti orang tua, masyarakat, dan alumni, dapat memberikan dukungan dan masukan yang berharga untuk meningkatkan kualitas pendidikan Islam.


Keywords


Implementasi, manajmen pendidikan, Madrasah.



DOI: http://dx.doi.org/10.24127/att.v8i1.3390

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

 

 

View My Stats

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.