PENGEMBANGAN POCKET BOOK TERINTEGRASI NILAI ISLAM PADA MATA KULIAH MATEMATIKA EKONOMI
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk: (1) mengembangkan pocket book terintegrasi nilai islam pada mata kuliah matematika ekonomi, (2) mengetahui kepraktisan pocket book terintegrasi nilai islam pada mata kuliah matematika ekonomi bagi mahasiswa. Jenis penelitian ini Research and Development (R&D) Subyek penelitian adalah mahasiswa jurusan pendidikan ekonomi yang mengambil mata kuliah matematika ekonomi. Langkah-langkah pengembangan dalam penelitian ini yaitu potensi dan masalah, pengumpulan data, desain produk, validasi desain, revisi desain, uji coba produk, revisi produk. Instrumen yang digunakan adalah lembar angket. Jenis angket yang digunakan yaitu angket validasi ahli untuk menilai kevalidan bahan ajar dan angket respon mahasiswa untuk menilai kepraktisan bahan ajar oleh mahasiswa. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa (1) bahan ajar pocket book terintegasi nilai islam yang telah dikembangkan telah memenuhi krteria valid. Berdasarkan hasil penilaian ahli materi, ahli media dan ahli agama diperolah rata-rata nilai validasi sebesar 74,67 % dalam kategori layak, (2) bahan ajar pocket book terintegasi nilai islam yang telah dikembangkan memenuhi kriteria sangat praktis dengan persentase mencapai 88,2%.
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)DOI: http://dx.doi.org/10.24127/jlpp.v5i2.1544
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2021 Lilian Mega Puri, Triani Ratnawuri, Nurul Farida
View My Stats
Jurnal Lentera Pendidikan by Pusat Penelitian LPPM UM METRO is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.