PENINGKATKAN KERAMPILAN GURU DALAM MENERAPKAN PEMBELAJARAN DARING MASA PANDEMI COVID 19
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan ketrampilan Guru dalam melaksanakan pembelajaran daring pada masa pandemic covid 19 di SMP Negeri 2 Tanjung Jabung Timur. Jenis penelitian ini adalah penlitian tindakan sekolah berupa action research. Penelitian ini menggunakan pendekatan Deskriptif Kualitatif menggambarkan upaya yang dilakukan untuk meningkatkan ketrampilan guru dalam melaksanakan pembelajaran daring pada proses belajar mengajar. Penelitian ini dilaksankan di SMP Negeri 2 Tanjung Jabung Timur Tahun pelajaran 2020/2021 dengan sampel seluruh guru mata pelajarn sebanyak 19 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini adalah observasi, dan pemberian instrument kuesoner yang mencatat semua peristiwa pelaksanaan tugas guru dalam pembelajaran daring selama penelitian. Hasil penelitian menunjukan bahwa pada siklus I, pemahan guru akan pembelajarn daring mendapat rata-rata 15,36 dengan presentase 76,05% dalam kategori baik, kemudian mengalami kenaikan rata-rata 15,89 pada siklus II dengan presentase 79,47% hal ini menunjukan banwa pemahaman guru pada pembelajaran daring baik. Untuk tingkat kemmpuan guru dalam menguasai aplikasi WhatsApp dan Google Classroom diperoleh rata-rata 21,36 pada siklus I dengan presentasi 71,53% dan rata-rata 23,26 pada siklus II dengan presentase 77,54% hal ini menunjukan banwa tingkat penguasaan guru terhadap aplikasi WhatsApp dan Google Classroom baik. Demikin juga dengan ketrampilan guru dalam melakukan pembelajarn daring diperoleh rata-rata 18,31 pada siklus I dengan presentase 73,26% dan rata-rata 19,31 dengan presentase 77,26%, hal ini menunjukan bahwa kertampilan guru dalam melaksankan pembelajaran daring meningkat dari cukup ke baik. Sesuai indikator ketercapaian yang dipersaratkan dalam penelitian ini skor yang diperoleh pada siklus II menyatakan bahwa ketrampilan guru dalam melaksanakan pembelajaran daring di SMP Negeri 2 Tanjung Jabung Timur dalam Kategori Baik. Kata Kunci : Ketrampilan Guru, Pembelajaran Daring.
Keywords
keterampilan guru, Pembelajran daring
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)DOI: http://dx.doi.org/10.24127/jlpp.v5i2.1561
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2021 Supriono Santoso, Yusrizal Yusrizal
View My Stats
Jurnal Lentera Pendidikan by Pusat Penelitian LPPM UM METRO is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.