AKTIFITAS DAN HASIL BELAJAR DARING MELALUI WHATSAPP PADA PEMBELAJARAN TEMATIK MUATAN IPA

Nur Hasanah, Mudiono Mudiono

Abstract


Tujuan penelitian ini mengetahu peningkatan aktifitas dan hasil belajar siswa melalui model pembelajaran daring yang menggunakan media whatsapp pada mata pelajaran Tematik muatan IPA tema 6 subtema 1 lingkungan sehat. Penelitian di selesaikan menggunakan penelitian tindakan kelas dengan dua siklus. Siklus I dilakukan untuk mengetahui hasil belajar dan digunakan sebagai refleksi untuk melakukan penelitian di siklus II, sedangkan siklus II bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa. teknik sampel yang di gunakan menggunakan total sampling dari siswa kelas VI.C SD Negeri 121 / IXJerambah Bolong Kabupaten Muaro Jambi yang berjumlah 22 siswa. hasil penelitian menunjukkah bahwa aktivitas belajar siswa meningkat dengan peningkatan 29.16%. Selanjutnya, hasil belajar siswa juga mengalami peningkatan dari rata-rata hasil belajar siswa 64,38 menjadi 80,42. Artinya, penggunaan whatsApp menjadi pilihan untuk menjadi media belajar daring untuk pembelajaran tematik muatan IPA


Keywords


pembelajaran; daring; whatsapp; tematik; IPA.



DOI: http://dx.doi.org/10.24127/jlpp.v5i2.1562

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View My Stats



Creative Commons License 

Jurnal Lentera Pendidikan Pusat Penelitian LPPM UM Metro by Pusat Penelitian LPPM UM METRO is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.