MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP EKONOMI SISWA MELALUI MEDIA TEKA-TEKI SILANG DI SMA KARTIKATAMA METRO

Ari Arif Andayani, Tugirah Tugirah

Abstract


Pembelajaran ekonomi membutuhkan ketekunan dan keseriusan siswa dalam memahami konsep-konsep yang dikaji. Guru sebagai fasilitator juga harus mampu memfasilitasi siswa dengan berbagai metode yang berorientasi Pembelajaran Aktif, Inovatif, Kreatif, Efektif, dan menyenangkan (PAIKEM). Penggunaan teka-teki silang dalam pembelajaran ekonomi merupakan salah satu inovasi guru dalam  pembelajaran yang dapat digunakan untuk memudahkan pemahaman siswa memahami istilah-istilah ekonomi dalam pembelajaran ekonomi. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman konsep ekonomi. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan selama 3 siklus. Subjek penelitian adalah siswa kelas X SMA Kartikatama Metro Tahun Pelajaran 2019/2020. Dari setiap siklus yang dilaksanakan terjadi peningkatan nilai rata-rata kelas. Akhir dari siklus yang dilaksanakan menunjukkan Mastery Learning bagi siswa untuk materi Ekonomi. Penggunaan teknik ini meningkatkan motivasi belajar, memberikan kesenangan belajar, memudahkan, memandu, menantang kreativitas siswa, dan meningkatkan pemahaman konsep belajar ekonomi siswa.  Dengan teknik ini  siswa tidak jenuh dan menghilangkan kesan Ekonomi  sebagai materi yang sulit dipelajari.

Keywords


Teka-teki silang, Pemahaman Konsep, Konsep Ekonomi



DOI: http://dx.doi.org/10.24127/jlpp.v5i2.1571

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Ari Arif Andayani, Tugirah Tugirah



View My Stats



Creative Commons License
Jurnal Lentera Pendidikan by Pusat Penelitian LPPM UM METRO is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.