PENGUATAN KOMPETENSI GURU SAINS DALAM MERANCANG DAN MENGIMPLEMENTASIKAN ASESMEN OTENTIK

Ridwan Efendi, Nuryani Rustaman, Winny Liliawati, Dadi Rusdiana

Abstract


Kompetensi asesmen otentik merupakan kompetensi yang dibutuhkan dalam menilai hasil belajar. Untuk memiliki kompetensi tersebut pengembangan pelatihan profesional bagi guru sains sangat dibutuhkan. Namun masih sedikit upaya mengembangkan kompetensi asesmen otentik guru di lapangan. Padahal pengembangan pelatihan tersebut dapat membawa perubahan terhadap kompetensi asesmen otentik itu sendiri dengan segala permasalahan di dalamnya. Fokus dari artikel ini bertujuan memaparkan pengaruh penguatan kompetensi guru sains dalam merancang dan mengimplementasikan asesmen otentik dalam pembelajaran sains. Program pengabdian dilakukan melalui workshop selama 32 jam pelatihan dalam kurun waktu empat minggu, melibatkan 18 guru sains dari SMP di Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat. Untuk melihat pengaruh program pengabdian dilakukan pengumpulan data melalui tes, kinerja guru dalam mengkonstruksi task dan rubrik dan angket. Data dianalisis menggunakan statistik deskriptif. Hasil menunjukkan bahwa secara umum keterlibatan guru sains dan kompetensi mereka dalam penilaian otentik meningkat dan mereka merespon sangat positif terhadap pelatihan.


Keywords


kompetensi guru sains, asesmen otentik



DOI: http://dx.doi.org/10.24127/jlpp.v3i2.1685

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Ridwan Efendi, Nuryani Rustaman, Winny Liliawati, Dadi Rusdiana



View My Stats



Creative Commons License
Jurnal Lentera Pendidikan by Pusat Penelitian LPPM UM METRO is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.