MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA PESERTA DIDIK KELAS IV SD NEGERI WILALUANG MELALUI PENERAPAN PENDEKATAN PEMBELAJARAN SAINTIFIK

Lina Herlina, Yudi Guntara

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar matematika melalui penerapan pendekatan saintifik. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas SD Negeri Wilulang tahun pelajaran 2021/2022 sebanyak 28 peserta didik. Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) model Mcel Kemmis dan McTaggart dengan 2 siklus dan siklus terdiri dari perencanaan, tindakan, pengamatan dan refleksi. Metode pengumpulan data dilakukan melalui teknik tes untuk hasil belajar matematika dan non tes yakni observasi dan dokumentasi untuk motivasi belajar. Hal ini dapat dilihat dari nilai rata-rata hasil belajar matematika mengalami peningkatan dilihat dari ketuntusan KKM yakni siklus I sebesar 35,71%, dan siklus II sebesar 85,71%. Begitupun untuk motivasi mengalami peningkatan dimana antar kedua siklus terdapat selisih rerata sekitar 2,1 poin.

Keywords


Pendekatan Saintifik, Motivasi Belajar, Hasil Belajar Matematika



DOI: http://dx.doi.org/10.24127/jlpp.v6i2.1812

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Lina Herlina, Yudi Guntara



View My Stats



Creative Commons License
Jurnal Lentera Pendidikan by Pusat Penelitian LPPM UM METRO is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.