Meningkatkan Hasil Belajar Kognitif melalui Scaffolding pada Virtual Blended Learning Mahasiswa Pendidikan Biologi
Abstract
Pembelajaran di masa Pandemi Covid-19 masih mengalami kendala untuk diselenggarakan secara tatap muka. Beberapa lembaga yang menyelenggarakan pembelajaran tatap muka memberlakukan protokol kesehatan yang sangat ketat. Namun selebihnya tetap menggunkan media online untuk pembelajaran, tidak terkecuali pada pelaksanaan pembelajaran di perguruan tinggi. Pembelajaran online diberdayakan untuk memberikan layanan pembelajaran kepada seluruh mahasiswa. Hal ini menuntut pendidik untuk melaksanakan pembelajaran inovatif guna memfasilitasi belajar mahasiswa, sehingga hasilnya tetap berkualitas sebagaimana pembelajaran tatap muka. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar biologi melalui melalui Scaffolding pada Virtual Blended Learning Mahasiswa Pendidikan Biologi. Penelitian ini dilaksanakan dengan metode Penelitian Tindakan kelas selama 3 siklus. Setiap siklus terdiri dari 2 kali pertemuan. Penelitian dilaksanakan pada semester ganjil T.P. 2021/2022 pada matakuliah Telaah Biologi SMA Program Studi Pendidikan Biologi FKIP Universitas Muhammadiyah Metro. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa dengan Scaffolding pada Virtual Blended Learning meningkatan hasil belajar kognitif mahasiswa dari dengan peningkatan 20,82%. Presentase ini dilihat dari nilai sebelum tindakan dengan nilai pada akhir siklus 3. Selanjutnya, peneliti menyarankan agar pendidik menyelenggarakan pembelajaran dengan scaffolding pada virtual blended learning dalam pembelajaran online di masa Pandemi Covid-19.
Keywords
Hasil Belajar Kognitif, Scaffolding, Blended Learning, Virtual Learning
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)DOI: http://dx.doi.org/10.24127/jlpp.v6i2.1830
Refbacks
- There are currently no refbacks.
View My Stats

Jurnal Lentera Pendidikan Pusat Penelitian LPPM UM Metro by Pusat Penelitian LPPM UM METRO is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.