Meningkatkan Hasil Belajar Kognitif melalui Scaffolding pada Virtual Blended Learning Mahasiswa Pendidikan Biologi

Muhfahroyin Muhfahroyin, Handoko Santoso

Abstract


Pembelajaran  di  masa  Pandemi  Covid-19  masih  mengalami  kendala  untuk diselenggarakan secara tatap muka. Beberapa lembaga yang menyelenggarakan pembelajaran tatap muka memberlakukan protokol kesehatan yang sangat ketat. Namun selebihnya tetap menggunkan media online untuk pembelajaran, tidak terkecuali pada pelaksanaan pembelajaran di perguruan tinggi. Pembelajaran online diberdayakan untuk memberikan layanan pembelajaran kepada seluruh mahasiswa. Hal ini menuntut pendidik untuk  melaksanakan  pembelajaran  inovatif  guna  memfasilitasi  belajar  mahasiswa, sehingga hasilnya tetap berkualitas sebagaimana pembelajaran tatap muka. Penelitian ini bertujuan untuk  meningkatkan hasil  belajar  biologi  melalui  melalui  Scaffolding  pada Virtual Blended Learning Mahasiswa Pendidikan Biologi. Penelitian ini  dilaksanakan dengan metode Penelitian Tindakan kelas selama 3 siklus. Setiap siklus terdiri dari 2 kali pertemuan. Penelitian dilaksanakan pada semester ganjil T.P. 2021/2022 pada matakuliah Telaah  Biologi  SMA  Program  Studi  Pendidikan  Biologi  FKIP  Universitas Muhammadiyah Metro. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa dengan Scaffolding pada Virtual Blended Learning meningkatan hasil belajar kognitif mahasiswa dari dengan peningkatan 20,82%. Presentase ini dilihat dari nilai sebelum tindakan dengan nilai pada akhir siklus 3. Selanjutnya, peneliti menyarankan agar pendidik menyelenggarakan pembelajaran dengan scaffolding pada virtual blended learning dalam pembelajaran online di masa Pandemi Covid-19.

Keywords


Hasil Belajar Kognitif, Scaffolding, Blended Learning, Virtual Learning



DOI: http://dx.doi.org/10.24127/jlpp.v6i2.1830

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View My Stats



Creative Commons License 

Jurnal Lentera Pendidikan Pusat Penelitian LPPM UM Metro by Pusat Penelitian LPPM UM METRO is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.