IMPLEMENTASI DAN TANTANGAN PEMBELAJARAN TEMATIK TERINTEGRASI STEAM (SCIENCE, TECHNOLOGY, ENGINEERING, ARTS, MATHEMATICS)

Anisah Fifi Nurfajariyah, Erna Risfaula Kusumawati

Abstract


ISSN 2541-2922 (Online)
ISSN 2527-8436 (Print)
Jurnal Lentera Pendidikan Pusat Penelitian LPPM UM METRO Vol. 8. No. 1, Juni 2023 49
IMPLEMENTASI DAN TANTANGAN PEMBELAJARAN
TEMATIK TERINTEGRASI STEAM (SCIENCE, TECHNOLOGY,
ENGINEERING, ARTS, MATHEMATICS)
Anisah Fifi Nurfajariyah1, Erna Riafaula Kusumawati2*
1Program Studi Magister Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Pascasarjana, UIN Salatiga
2Program Studi Tadris IPA, FTIK, UIN Salatiga
Email : ernarisfaula@uinsalatiga.ac.id
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penggunaan dan tantangan dalam
pembelajaran tematik terintegrasi STEAM (Science, Technology, Engineering, Arts,
Mathematics) di kelas IB MI Al Bidayah Candi Bandungan, Kabupaten Semarang.
STEAM merupakan pembelajaran yang mengintegrasikan ilmu pengetahuan dan seni.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif dengan melakukan
observasi, wawancara, dan dokumentasi. Penelitian ini melibatkan siswa kelas IB MI Al
Bidayah Candi yang mana sudah menerapkan pembelajaran dengan STEAM. Hasil
penelitian menunjukkan bahwa penggunaan pembelajaran tematik terintegrasi STEAM
sudah berhasil. Siswa terlibat aktif dalam kegiatan eksplorasi, esksperimen, dan
kolaboratif. Tantangan yang dihadapi diantaranya sumber daya kurang, kurangnya
pelatihan STEAM yang diintegrasikan dengan kurikulum, kurangnya waktu dalam
mengelola penilaian. Peneliti merekomendasikan untuk meningkatkan pembelajaran
tematik terintegrasi STEAM. Rekomendasi tersebut berupa peningkatan pelatihan guru
dalam menggunakan STEAM, pengembangan sumberdaya dan sarana yang memadai,
dan pengembangan strategi untuk mengevalusi sesuai dengan pendekatan tematik


Keywords


pembelajaran tematik, STEAM, implementasi, tantangan

References


Anas, Imam Hadi, 2017. Pentingnya Pengenalan Tentang Perbedaan Individu Anak Dalam Efektivitas Pendidikan. Jurnal Inspirasi. 1(1). https://core.ac.uk/download/pdf/285985582.pdf.

Anwar, Muhammad. 2018. Menjadi Guru Profesional. Jakarta: Kencana. https://books.google.co.id/books?hl=id&lr=&id=4OZeDwAAQBAJ&oi=fnd&pg=PR5&dq=guru+bertugas+membimbing,+menginspirasi+dan+membantu+peserta+didik&ots=2SgHADfiR5&sig=DquBuyCPxfxzqVjM0iMfTL8sp2A&redir_esc=y#v=onepage&q=guru%20bertugas%20membimbing%2C%20menginspirasi%20dan%20membantu%20peserta%20didik&f=false.

Estriyanto, Yuyun. 2020. Menanamkan Konsep Pembelajaran Berbasis Steam (Science, Techology, Engineering, Art, and Mathemathics) Pada Guru-Guru Sekolah Dasar Di Pacitan. Jiptek: 13 (2). https://jurnal.uns.ac.id/jptk/article/view/45124.

Evelyn Marbun, M., Masri Perangin Angin, L., Husna, N., Khairani Ritonga, R., & Anshari, S. (2022). Analisis Kesulitan yang Dialami Guru dalam Pembuatan RPP di SDN 060843 Medan. Jurnal Pendidikan Indonesia, 3(4), 358–366. https://doi.org/10.36418/japendi.v3i4.780.

Firda, A., & Suharni, S. (2022). Tingkat Kemampuan Literasi Sains Guru Pendidikan Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(5), 3868–3876. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i5.1928.

Fitrah, Muh dan Luthfiyah. 2017. Metodologi Penelitian: Penelitian Kualitatif, Tindakan Kelas & Studi Kasus. Sukabumi: CV Jejak. https://books.google.co.id/books?hl=id&lr=&id=UVRtDwAAQBAJ&oi=fnd&pg=PP1&dq=penelitian+kualitatif+adalah&ots=lrw2FEDiPM&sig=Jw_0lSACDVYsJ5tHKfqsafHS830&redir_esc=y#v=onepage&q=penelitian%20kualitatif%20adalah&f=false.

Hafidhoh, Noor. 2021. Penerapan Model Pembelajaran Tematik Terpadu di Sekolah Dasar. At-Tahdzib: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar. 6(1). http://ejurnal.iaipd-nganjuk.ac.id/index.php/At-Tahdzib/article/view/205/146.

Husni, Muhammad Rifqo. 2017. Implementasi Algoritma Naive Bayes dalam Penentuan Pemberian Kredit. Jurnal Pseudocode, IV(2). https://ejournal.unib.ac.id/pseudocode/article/view/3852.

Katimo, dkk. 2016. Pengaruh Pembelajaran dengan Pendekatan Saintifik Menggunakan Metode Eksperimen dan Demokrasi terhadap Prestasi Belajar dan Kreativitas ditinjau dari Sikap Ilmiah: Jurnal Inkuiri. 5 (2). https://scholar.google.com/scholar?hl=id&as_sdt=0%2C5&q=Pengaruh+Pembelajaran+dengan+Pendekatan+Saintifik+Menggunakan+Metode+Eksperimen+dan+Demokrasi+terhadap+Prestasi+Belajar+dan+Kreativitas+ditinjau+dari+Sikap+Ilmiah&btnG=.

Khairati, Firda Amris dan Desyandri. 2021. Pembelajaran Tematik Terpadu menggunakan Model Problem Based Learning di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu. 5(4). https://jbasic.org/index.php/basicedu/article/view/1170.

Khoriyah, R., & Muhid, A. (2022). Inovasi Teknologi Pembelajaran dengan Menggunakan Aplikasi Wordwall Website pada Mata Pelajaran PAI di Masa Penerapan Pembelajaran Jarak Jauh: Tinjauan Pustaka. Tarbiyah Wa Ta’lim: Jurnal Penelitian Pendidikan dan Pembelajaran, 192–205. https://doi.org/10.21093/twt.v9i3.4862.

Kirom, Askhabul. 2017. Peran Guru dan Peserta Didik dalam Proses Pembelajaran Berbasis Multikultural. Jurnal Yudharta. 3(1). https://jurnal.yudharta.ac.id/v2/index.php/pai/article/view/893/762.

Kurnia, A., & Nasrudin, D. (2022). Mengukur Efektivitas Pelatihan Implementasi Pembelajaran STEAM- Loose Parts pada Guru PAUD. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(4), 3727–3738. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i4.2372.

Laia, N., & Sarumaha, S. (2022). Penerapan Strategi Pembelajaran Peningkatan Kemampuan Berpikir (Sppkb) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan di Kelas VIII SMP Swasta Fajarmas Bawona’uru Tahun Pembelajaran 2021/2022. 3(1). https://jurnal.uniraya.ac.id/index.php/JPKn/article/view/338.

Mariana, Neni, dkk. 2023. Desain Pembelajarran STEAM dengan Media Selasi untuk Peserta Didik Kelas II SD. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini. 7(1). https://obsesi.or.id/index.php/obsesi/article/view/2809/pdf.

Muchlison, I. D., Kharisma, A. P., & Arwani, I. 2022. Pengembangan Aplikasi Perangkat Bergerak Sistem Informasi Event di bidang Teknologi Informasi berbasis Android. Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer. 6(1). https://j-ptiik.ub.ac.id/index.php/j-ptiik/article/view/10464.

Nikmatin Mabsutsah, & Yushardi, Y. (2022). Analisis Kebutuhan Guru terhadap E Module Berbasis STEAM dan Kurikulum Merdeka pada Materi Pemanasan Global. Jurnal Pendidikan MIPA, 12(2), 205–213. https://doi.org/10.37630/jpm.v12i2.588.

Nuragnia, Berliany, Nadhiroh dan Herlina Usman. 2021. Pembelajaran STEAM di Sekolah Dasar: Implementasidan Tantangan STEAM Learning In Primary School: Implementationand Challenges. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan. 6(2). http://jurnaldikbud.kemdikbud.go.id/index.php/jpnk/article/view/2388/563.

Nurhasanah, Ana dan Zelela MS. Penerapan Pembelajaran Inovatif STEAM di Sekolah Dasar: Jurnal Ilmiah Ilmu Kependidikan. 5 (2). https://scholar.google.com/scholar?hl=id&as_sdt=0%2C5&q=Nurhasanah%2C+Ana+dan+Zelela+MS.+Penerapan+Pembelajaran+Inovatif+STEAM+di+Sekolah+Dasar%3A+Jurnal+Ilmiah+Ilmu+Kependidikan.+&btnG=.

Parniati, Wahidat, dkk. 2021. Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis STEAM pada Pembelajaran Tematik Integratif di Kelas IV MI NW Ajan TahunPelajaran 2021/2022. Jurnal Pendidikan Tambusai. 5(3). https://jptam.org/index.php/jptam/article/view/1925/1702.

Purhanudin, Viktor. Pendidikan Seni dalam Meningkatkan Kreativitas Siswa Sekolah Dasar: Jurnal Waspada FKIP UNDARIS. https://core.ac.uk/download/pdf/285985663.pdf.

Purnamasari, Ikaningtyas, Dewanti Handayani dan Ali Formen. 2020. Stimulasi Keterampilan HOTs dalam PAUD Melalui Pembelajaran STEAM. Seminar Nasional Pascasarjana 2020. https://scholar.google.com/scholar?hl=id&as_sdt=0%2C5&q=STEAM+memecahkan+masalah+yang+kompleks%2C+merancang+solusi%2C+dan+menghasilkan+karya+yang+orisinal&btnG=.

Rijal, Muhammad Fadli. 2021. Memahami desain metode penelitian kualitatif. Humanika, Kajian Ilmiah Mata Kuliah Umum. 21(1). https://scholar.google.com/scholar?hl=id&as_sdt=0%2C5&q=penelitian+kualitatif+adalah&btnG=.

Sasmita, R. S. (2020). Pemanfaatan Internet Sebagai Sumber Belajar. Jurnal Pendidikan dan Konseling (JPDK), 2(1), 99–103. https://doi.org/10.31004/jpdk.v1i2.603.

Septiana, Ika dan Delina Kasih. 2021. Implementasi Metode STEAM Terhadap Kemandirian Anak Usia 5-6 Tahun di Paud Alpha Omega School: Jurnal Jendela Pendidikan. 1 (4). http://www.ejournal.jendelaedukasi.id/index.php/JJP/article/view/44.

Simanjuntak, Harlen. 2020. Bakti Peran Teknologi Informasi dalam Proses Kegiatan Belajar Mengajar di Sekolah Dasar: Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar. 4 (1). http://repository.uhn.ac.id/bitstream/handle/123456789/5080/Bakti%20Peran%20Teknologi%20Informasi%20dalam%20Proses%20Kegiatan%20Belajar%20Mengajar%20di%20Sekolah%20Dasar.pdf?sequence=1.

Suprihatin, Siti dan Yuni Mariani Manik. 2020. Guru menginovasi Bahan Ajar Sebagai Langkah untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Program Studi Pendidikan Ekonomi. 8(1). https://ojs.fkip.ummetro.ac.id/index.php/ekonomi/article/view/2868.

Ulfayani, H., & Asrawati, N. (n.d.). Efektivitas Pendekatan Pembelajaran Steam Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Matemtika Kelas VII MTS Nurul Azis Ddi Barobbo. http://ojs.stkip-ypup.ac.id/index.php/art/article/view/1358.

Wachidi dan Sudarwan. Pelatihan Penggunaan Pendekatan Pembelajaran STEAM Berbasis Proyek dan Bahan Loose Parts pada Guru PAUDNI Dharma Wanita Kota Bengkulu: Jurnal Abdi Pendidikan. 2(1). https://ejournal.unib.ac.id/jap/article/view/17895.

Wijaya, A., Mustofa, Moh. S., & Husain, F. (2020). Sosialisasi Program Merdeka Belajar dan Guru Penggerak Bagi Guru SMPN 2 Kabupaten Maros. Jurnal Puruhita, 2(1), 46–50. https://doi.org/10.15294/puruhita.v2i1.42325.

Yulmasita, Dewi Bagou dan Arifin Suking. 2020. Analisis Kompetensi Profesional Guru. Journal of Educational Management. 1(2). https://ejournal-fip-ung.ac.id/ojs/index.php/JJEM/article/view/522.




DOI: http://dx.doi.org/10.24127/jlpp.v8i1.2646

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Anisah Fifi Nurfajariyah, Erna Risfaula Kusumawati



View My Stats



Creative Commons License
Jurnal Lentera Pendidikan by Pusat Penelitian LPPM UM METRO is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.