Open Access Open Access  Restricted Access Subscription Access

PENGARUH KONSEP TRI PUSAT PENDIDIKAN TERHADAP PRESTASI BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS XI IPS PADA MATA PELAJARAN EKONOMI

Siti Hatifah Quranisari, Astri Srigustini, Bakti Widyaningrum

Abstract


The three-centered education explained that the development and learning process of students are
influenced by three environments, the school environment, and the community environment. This study
wants to determine the influence of the concept of three-centered education on learning achievement. The
subjects in this study were class XI social studies students at State Senior High School 8 Tasikmalaya.
This study uses a quantitative approach with a survey method that aims to obtain information related to
the family environment, school environment, and community environment from students. The conclusion
in this study is that the concept of three-centered education has a positive effect on student learning
achievement both stimulatively and partially


Keywords


Learning Achievement, Three-Centered Education

References


DAFTAR PUSTAKA

Febriyanti, N. (2021). Implementasi Konsep Pendidikan menurut Ki Hajar Dewantara.

Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(1), 16311638.

Hasbi, M. (2022). Lingkungan Belajar Partisipatif (M. Prananingrum (ed.); 1st ed.).

Direktorat Pendidikan Anak Usia Dini.

Hulukati, W. (2015). Peran Lingkungan Keluarga Terhadap Perkembangan Anak.

Musawa, 7(2), 265282.

Indra Yudha, R., Idris, & Evanita, S. (2016). Pengaruh Lingkungan Sekolah, Teman

Sebaya dan Motivasi Belajar terhadap Hasil Belajar Siswa pada SMK Bidang

Manajemen Bisnis Jurusan Pemasaran di Kecamatan Jambi Selatan Kota Jambi.

Jurnal Ilmiah Dikdaya, 6(August), 128.

Kompri. (2017). Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. media akademi.

Musolin, M., & Nisa, K. (2021). Pendidikan Masa Pandemik Covid 19: Implementasi

Konsep Tri Pusat Pendidikan Ki Hajar Dewantara. Edukatif : Jurnal Ilmu

Pendidikan, 3(6), 41344144.

Nur MF, C. M., & Solikin, M. (2017). Faktor-Faktor Kesulitan Belajar Siswa Kelas XI

pada Mata Pelajaran Teknik Sepeda Motor. In Jurnal Mahasiswa UNY.

Nurfahima. (2019). Pengaruh Lingkungan Keluarga, Fasilitas Belajar dan Motivasi

terhadap Prestasi Belajar Ekonomi Siswa SMA Negeri 11 Makassar. Pendidikan

Ekonomi, 13(1), 104116.

Rahayu, R. D., & Wigna, W. (2016). Pengaruh Lingkungan Keluarga, Sekolah dan

Masyarakat Terhadap Persepsi Gender Mahasiswa Laki-Laki dan Perempuan

(Kasus Mahasiswa Sekolah Tinggi Ekonomi Islam TAZKIA Tahun Masuk

. Jurnal Penyuluhan, 6(2), 123.

Simanullang, H., Wahjoedi, & Sapto, A. (2015). Peran Lingkungan Keluarga dalam

Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan, 5 (Desember), 118

Sukarman. (2017). Reaktualisasi Konsep Tri Pusat Pendidikan Ki Hajar Dewantara

dalam Perspektif Pendidikan Islam bagi Generasi Milenial. Jurnal Pendidikan

Agama Islam, 5(1).

Syafii, A., Marfiyanto, T., & Rodiyah, K. (2018). Studi tentang Prestasi Belajar Siswa

dalam Berbagai Aspek dan Faktor yang Mempengaruhi. Jurnal Komunikasi

Pendidikan, 2(2), 115123.

ISSN 2541-2922 (Online)

ISSN 2527-8436 (Print)

Jurnal Lentera Pendidikan Pusat Penelitian LPPM UM METRO Vol. 8. No. 2, Desember 2023 231

Triwiyanto, T. (2014). Pengantar Pendidikan (Y. Sri Hayati (ed.); 1st ed.). PT Bumi

Aksara.

Wulandari, T. (2021). Pengaruh Pemikiran Pendidikan Ki Hadjar Dewantara dalam

Kurikulum 2013 di Indonesia. Jurnal Humanitas: Katalisator Perubahan Dan

Inovator Pendidikan, 8(1), 2433.

Yana, E., & Nurjanah, N. (2021). Pengaruh Lingkungan Keluarga dan Lingkungan

Sekolah terhadap Prestasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Ekonomi di Kelas

XI IPS SMA Negeri 1 Ciledug Kabupaten Cirebon. Edunomic, 47(4), 124134.

Zaenuri. (2021). Sinergitas Tanggung Jawab Pendidikan pada Tri Pusat Pendidikan

dalam Menanggulangi Kenakalan Remaja di Era Globalisasi. Jurnal Pendidikan

Islam, 5.




DOI: http://dx.doi.org/10.24127/jlpp.v8i2.3094

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Siti Hatifah Quranisari, Astri Srigustini, Bakti Widyaningrum



View My Stats



Creative Commons License
Jurnal Lentera Pendidikan by Pusat Penelitian LPPM UM METRO is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.