Hubungan Antara Minat Dan Kesadaran Sejarah Dengan Prestasi Belajar Siswa SMA Negeri 2 Sekampung Lampung Timur
Abstract
ujuan penelitian yang dicapai adalah untuk mengetahui Hubungan Antara Minat dan Kesadaran Sejarah dengan Prestasi Belajar Siswa SMA Negeri 2 Sekampung Lampung Timur. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian metode korelasionsl dan ex-post facto. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XII yang berjumlah 201 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan dengan menggunakan angket dan dokumentasi. Teknik analisa data yang digunakan untuk menguji hipotesis adalah teknik korelasi product moment dan analisa korelasi ganda dengan menggunakan variable Minat belajar (X1), Kesadaran Sejarah (X2) Sebagai prediktor dan variabel terikat adalah Prestasi Belajar (Y). Hasil penelitian ini dapat disimpulkan (1) tidak terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara Minat Belajar dengan Prestasi Belajar siswa kelas XII Semester Genap SMA Negeri 2 Sekampung Lampung Timur tahun ajaran 2021/2022, (2) tidak terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara Kesadaran Sejarah dengan prestasi Belajar siswa kelas XII Semester Genap SMA Negeri 2 Sekampung Lampung Timur tahun ajaran 2021/2022, (3) tidak terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara Minat dan Kesadaran Sejarah dengan prestasi Belajar siswa kelas XII Semester Genap SMA Negeri 2 Sekampung Lampung Timur tahun ajaran 2021/2022.
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)DOI: http://dx.doi.org/10.24127/sd.v6i2.2735
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 Shinta Rida Ningrum, Elis Setiawati, Jems Sopacua
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
SWARNADWIPA: Jurnal Kajian Sejarah, Sosial, Budaya, dan Pembelajarannya (e-ISSN: 2580-7315).
Jl. Ki Hajar Dewantara, No. 116 Metro Timur, Kota Metro, Lampung, Indonesia.
Contact: Phone (https://wa.me/628982283499 Bahtiar Afwan) (swarnadwipaummetro@gmail.com and bahtiarafwan@gmail.com)
Indexing:
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Published by Faculty of Teacher Training and Education Universitas Muhammadiyah Metro.
Publisher Office: