The Potential of Banyubiru Natural Sites as Local History Content in History Learning
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Basri, W. (2021). Pengembangan Materi Ajar Sejarah Bermuatan Lokal pada SMAN di Sumatera Barat. Diakronika, 21(2), 186–198. https://doi.org/10.24036/diakronika/vol21-iss2/210
Erman, E. (2011). Penggunaan Sejarah Lisan dalam Historiografi Indonesia. Jurnal Masyarakat dan Budaya, 13(10), 1–22.
Fani, T. (2017). Cerita Rakyat Banyubiru dalam Tradisi Lisan Desa Sumberejo Kabupaten Pasuruan. Skripsi. Malang: UNEJ
Firmansyah, A. (2023). Muatan Materi Sejarah Lokal dalam Pembelajaran Sejarah (Studi Kasus di SMA N 3 dan SMA N 6 Pontianak). Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 9(17), 123–132. http://jurnal.peneliti.net/index.php/JIWP/article/view/4493%0Ahttps://jurnal.peneliti.net/index.php/JIWP/article/download/4493/3938
Hasan, S. H. (2015). Problematika Pendidikan Sejarah 1.Jakarta: FPIPS UPI.
Kemendikbudristek. (2022). Nomor 033/H/Kr/2022 Tentang Perubahan Atas Keputusan Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan Kementrian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi. Jakarta: BSKAP.
Miftahuddin. (2020). Metodologi Penelitian Sejarah Lokal. Yogyakarta: UNY Press.
Mulyadi, L., & Hutabarat, J. (2015). Relief dan Arca Candi Singosari-Jawi. Malang: Dream Litera Buana.
Paramita, A., Patahuddin, P., & Ridha, R. (2019). Situs Jera’ Lomp’e sebagai Sumber Belajar Sejarah Siswa Kelas X SMAN 8 Soppeng. Jurnal Pattingalloang, 6(3), 1. https://doi.org/10.26858/pattingalloang.v6i3.11684
Permadi, G. S. (2015). Pemanfaatan candi Singhasari sebagai Sumber Belajar Sejarah. Skripsi. Jember:UNEJ
Prasetiya, A. W. S. (2020). Sejarah Lokal dalam Kurikulum Merdeka: Situs Loyang Mendale dana Loyang Ujung Karang sebagai Muatan Sejarah Lokal dalam Pembelajaran Sejarah. Jurnal Pendidikan Sejarah Indonesia, 5(2), 238–250.
Prastowo, A. (2015). Bahan Ajar Inovatif. Yogyakarta: DIVA Press.
Rengganis, H., & Seizarwati, W. (2015). Strategi dan Upaya Pemanfaatan Sumber Air Umbulan untuk Penyediaan Air Bersih di Provinsi Jawa Timur. Jurnal Teknik Hidraulik, 6(1), 63–76.
Romadi, R., & Kurniawan, G. F. (2017). Pembelajaran Sejarah Lokal Berbasis Folklor untuk Menanamkan Nilai Kearifan Lokal Kepada Siswa. Sejarah dan Budaya : Jurnal Sejarah, Budaya, dan Pengajarannya, 11(1), 79–94. https://doi.org/10.17977/um020v11i12017p079.
Sulaiman, S. (2012). Pendekatan Konsep dalam Pembelajaran Sejarah. Jurnal Sejarah Lontar, 9(1), 9–21. http://journal.unj.ac.id/unj/index.php/lontar/article/view/2373.
Wibowo. (2016). Pengembangan Model Pembelajaran Sejarah Lokal di SMA Kota Madiun. Jurnal Agastya, 6(1), 46–57. https://www.unhcr.org/publications/manuals/4d9352319/unhcr-protection-training-manual-european-border-entry-officials-2-legal.html?query=excom 1989.
Wibowo, B. A. (2022). Eksistensi Tradisi Lisan sebagai Sumber Sejarah Lokal. Estoria: Journal of Social Science and Humanities, 3(1), 383–397. https://doi.org/10.30998/je.v3i1.1178.
Widja, I. G. (1989). Sejarah Lokal Suatu Perspektif dalam Pengajaran Sejarah. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Proyek Pengembangan Lembaga Pendidikan Tenaga Kependidikan.
Wijayanti, Y. (2017). Peranan Penting Sejarah Lokal dalam Kurikulum di Sekolah Menengah Atas. Jurnal Artefak: History Anda Education, 4(1), 53–60.
Zahroh, N. L. (2014). Pemanfaatan Situs Singosari dalam Mengembangkan Literasi Sejarah Peserta Didik. J-PIPS, 1(1), 159–187.
Zakso, A. (2022). Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar di Indonesia. J-PSH, 6(4), 916–922. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3237.
DOI: http://dx.doi.org/10.24127/sd.v9i1.3454
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2025 Lailatul Fitriyah

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
SWARNADWIPA: Jurnal Kajian Sejarah, Sosial, Budaya, dan Pembelajarannya (e-ISSN: 2580-7315).
Jl. Ki Hajar Dewantara, No. 116 Metro Timur, Kota Metro, Lampung, Indonesia.
Contact: Phone (https://wa.me/628982283499 Bahtiar Afwan) (swarnadwipaummetro@gmail.com and bahtiarafwan@gmail.com)
Indexing:
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Published by Faculty of Teacher Training and Education Universitas Muhammadiyah Metro.
Publisher Office: