PERAN GURU SEBAGAI MOTIVATOR DALAM PEMBELAJARAN SEJARAH KELAS X SMA N 6 METRO

Deni Eko Setiawan, Kian Amboro

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peran guru sangat dominan untuk meningkatkan prestasi dan minat peserta didik melalui motivasi, guru selain sebagai tenaga pengajar juga sebagai motivator bagi peserta didik. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, studi kepustakaan, dan dokumentasi. Peran guru dalam memotivasi peserta didik dalam pembelajaran sejarah kelas X SMA Negeri 6 Metro, adalah sebagai berikut: a. memberikan suasana senang saat awal masuk kelas, b. memberikan nasihat di sela-sela proses pembelajaran di dalam kelas, c. menata ruang kelas agar peserta didik nyaman di dalam kelas. Beberapa kendala atau kesulitan yang dihadapi guru dalam pembelajaran sejarah di kelas X SMA Negeri 6 Metro, sebagai berikut: a. Saat guru memberikan motivasi ke peserta didik terkadang peserta didik sibuk berbicara dengan peserta didik yang lainnya, b. terkadang peserta didik juga mengganggu teman yang sedang fokus saat pembelajaran, c. Peserta didik tidak memperhatiakan guru saat proses pembelajaran sejarah, d. Peserta didik memiliki karakter yang berbeda-beda. Simpulan dalam penelitian ini adalah bagaimana cara guru memotivasi peserta didik dalam pembelajaran sejarah kelas X SMA Negeri 6 Metro; guru memberikan suasana senang saat awal masuk kelas, guru memberikan nasehat di sela-sela proses pembelajaran, guru mendekor kelas agar peserta didik nyaman. 

Full Text:

PDF

References


Hamzah B. Uno. (2008). Teori Motivasi dan Pengukurannya Analisis dibidang Pendidikan. PT. Bumi Aksara. Jakarta

Kartodirdjo, Sartono. (1993). Pendekatan Ilmu Sosial dalam Metodologi Sejarah. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama

Sagala, Syaiful. (2009:01). Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung: Alfabeta

Sutopo, HB. (2002). Metode Penelitian Kualitatif. Surakarta: UNS Press.

Subur .(2015). Meningkatkan Motivasi dan Prestasi Belajar Sejarah Indonesia Melalui Metode Group Investigation Pada Siswa Kelas X Titl B SMK N 1 Purworejo Tahun Pelajaran 2014-2015. http://repository.upy.ac.id/225/.html. Diakses 8 Desember 2016 pukul 21:00.

Widja, I Gde. (1989). Pengantar Ilmu Sejarah: Sejarah dalam Perspektif Pendidikan. Semarang: Satya Wacana.

Widja, I Gde. (1991). Sejarah Lokal Suatu Perspektif dalam Pengajaran Sejarah. Bandung : Angkasa.

Yen K. Robert. (2011). Studi Kasus; Desain dan Metode. PT. Raja Grafindo Persada. Jakarta.




DOI: http://dx.doi.org/10.24127/sd.v1i2.622

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Deni Eko Setiawan, Kian Amboro



SWARNADWIPA: Jurnal Kajian Sejarah, Sosial, Budaya, dan Pembelajarannya (e-ISSN: 2580-7315).

Jl. Ki Hajar Dewantara, No. 116 Metro Timur, Kota Metro, Lampung, Indonesia.

Contact: Phone (https://wa.me/628982283499 Bahtiar Afwan) (swarnadwipajurnal.umm@gmail.com and bahtiarafwan@gmail.com)

Indexing:

    


This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Published by Faculty of Teacher Training and Education Universitas Muhammadiyah Metro.

Publisher Office: