IMPLIKASI INTEGRASI PENDIDIKAN PANCASILA DAN ILMU ISLAM TERHADAP KARAKTER PESERTA DIDIK DI MADRASAH IBTIDAIYAH

Nyangfah Nisa Septiana, Lulu Nurhamida, Sedya Santosa

Abstract


Pentingnya integrasi Pendidikan Pancasila dan Ilmu islam dalam pembentukan karakter peserta didik, terutama di era globalisasi dan kemajuan ilmu pengetahuan yang pesat. Secara keseluruhan pendidikan ilmu islam dn pancasila berperan penting dalam membentuk karakter peserta didik yang tidak hanya cerdas secara akademi, tetapi juga memiliki integritas, moralitas dan kesadaran sosial yang tinggi. Penelitian ini dilakukan di Madrasah Ibtidaiyah Sumatera Barat pada semester gasal tahun ajaran 2024/2025. Pendekatan yang digunakan adalah kualitatif dengan metode studi kasus untuk mendapatkan pemahaman mendalam mengenai fenomena yang diteliti. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara dengan pendidik, orang tua dan peserta didik. Data yang terkumpul dianalisis dengan langkah-langkah; pengumpulan data, teknik kondensasi data, tampilan data, dan verifikasi kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implikasi integrasi pendidikan pancasila dan ilmu islam berkontribusi signifikan dalam membentuk karakter peserta didik, seperti meningkatkan religiusitas, kejujuran, kedisiplinan, rasa tanggung jawab, kerja sama, rasa kemanusiaan, toleransi, percaya diri dan cinta tanah air. Implikasi dari penelitian ini menunjukkan bahwa pendidikan yang terintegrasi dapat menciptakan individu yang tidak hanya memahami nilai-nilai Pancasila, tetapi juga mengamalkannya dalam kehidupan sehari-hari, sehingga memperkuat identitas dan moralitas peserta didik di tengah tantangan globalisasi.

The importance of the integration of Pancasila education and islamic science in shaping the character of students, especially in the era of globalization and rapid scientific advances. Overall, Pancasila education and islamic science play an important role in shaping the character of students who are not only academically intelligent, but also have integrity, morality and high social awareness. This research was conducted at Madrasah Ibtidaiyah West Sumatra in the odd semester of the 2024/2025 school year. The approach used was qualitative with a case study method to gain an in-depth understanding of the phenomenon under study. Data collection techniques were carried out through interviews with educators, parents and students. The collected data were analyzed by steps; data collection, data condensation techniques, data display, and conclusion verification. The results showed that the implications of the integration of Pancasila education and islamic science contributed significantly in shaping the character of students, such as increasing religiosity, honesty, discipline, sense of responsibility, cooperation, sense of humanity, tolerance, self-confidence and love for the country. The implication of this research shows that integrated education can create individuals who not only understand the values of Pancasila, but also practice them in everyday life, thus strengthening the identity and morality of learners amid the challenges of globalization.


Keywords


ilmu islam; karakter; pendidikan pancasila



DOI: http://dx.doi.org/10.24127/att.v9i1.4017

Refbacks

  • There are currently no refbacks.