PERAN PENDIDIKAN BERBASIS ALAM DALAM MENGEMBANGKAN KECERDASAN ALAMI ANAK
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metodologi pengajaran berbasis alam di TK Islam Nazhirah Bandar Lampung terhadap IQ siswa di sekolah tersebut. Peneliti menggunakan teknik studi kasus kualitatif untuk penelitian ini. Selain memantau ruang kelas dan berbicara dengan guru sekolah, prosedur studi mencakup survei peserta dan wawancara untuk mengumpulkan data. Langkah awal analisis data dalam penelitian ini adalah pengumpulan dan reduksi data. Temuan ini mendukung gagasan bahwa memperkenalkan anak-anak pada kegiatan yang menumbuhkan apresiasi terhadap alam dan lingkungan, seperti berjalan-jalan di alam dan menanam pohon, memiliki pengaruh positif pada kecerdasan bawaan mereka. Ide sekolah alam merupakan pusat pendidikan berbasis alam, yang menggunakan alam bebas sebagai ruang kelas. Siswa didorong untuk belajar selaras dengan alam dan membuat hubungan yang bermakna antara materi kelas dan situasi dunia nyata.
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)DOI: http://dx.doi.org/10.24127/att.v6i2.2381
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.