REVITALISASI KEPALA MADRASAH DALAM MENINGKATKAN KUALITAS PENDIDIKAN
Abstract
Studi ini mengkaji bagaimana revitalisasi kepemimpinan kepala madrasah dapat meningkatkan standar di Madrasah Tsanawiyah (MTs) Miftahul Huda Kab. Lampung Barat. Metodologi kualitatif digunakan dalam penelitian ini untuk menggambarkan keadaan dunia nyata kebangkitan madrasah dan pengaruhnya terhadap kualitas pendidikan. Observasi, wawancara, dan studi dokumen berdasarkan laporan kegiatan madrasah digunakan sebagai metode pengumpulan data. Analisis data penelitian memerlukan penarikan kesimpulan dan merumuskan rencana tindakan berdasarkan temuan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kepala MTs Miftahul Huda Kab. Lampung Barat belum melakukan pekerjaan yang baik dalam menghidupkan kembali kerjasama dan keharmonisan antara guru dan staf dalam meningkatkan kualitas satuan pendidikan; menghidupkan kembali prosedur, alat, dan media pembelajaran dalam peningkatan mutu satuan pendidikan; serta menghidupkan kembali peran serta masyarakat dan pemerintah dalam peningkatan mutu satuan pendidikan di madrasah. Karena dengan revitalisasi kepemimpinan madrasah yang kurang ideal, telah terjadi penurunan kualitas baik pengajaran maupun lulusan madrasah.
Keywords
Full Text:
Untitled (Bahasa Indonesia)DOI: http://dx.doi.org/10.24127/att.v7i1.2688
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.