MANAJEMEN PENGELOLAAN MEDIA DAKWAH ORGANISASI AL-JAM’IYATUL WASHLIYAH SEBAGAI PENDIDIKAN KEAGAMAAN MASYARAKAT DI KOTA MEDAN
Abstract
Dakwah merupakan salah satu fenomena sehari-hari yang dapat dinikmati oleh masyarakat Islam di Indonesia. Era globalisasi sudah seharusnya dipandang sebagai peluang serta tantangan dalam mewujudkan dakwah islam yang diharapkan mampu berjalan secara efektif serta efisien. Tujuan dilakukan penelitian ini adalah untuk mengetahui media dakwah yang digunakan, manajemen pengelolaan media dakwah, dan dampak media dakwah organisasi Al-Jam’iyatul Washliyah sebagai pendidikan keagamaan masyarakat di kota Medan. Metode yang digunakan melalui pendekatan kualitatif jenis FieldRisech dengan teknik wawancara, observasi, dokumentasi melalui staf AW Sumut Channel dilakukan selama 1 bulan dimulai dari 17 April sampai 17 Mei 2023. Hasil penelitian yaitu beberapa media dakwah yang digunakan oleh organisasi Al-Jam’iyatul Washliyah dikenal dengan nama AW Sumut Channel seperti Youtube, Facebook, Instagram, dan TikTok. Manajemen pengelolaan media dakwah organisasi Al-Jam’iyatul Washliyah dilakukan dengan membuat jadwal dai/pemateri ceramah untuk melakukan siaran langsung dengan menggunakan VMIX dan akan disiarkan atau di upload pada media AW Sumut Channel, mengatur waktu atau jadwal siaran yang di isi oleh dai/pemateri yang dibagi menjadi 2 kajian yaitu kajian duha dan kajian ba’da magrib. Dampak dilakukannya dakwah melalui media AW Sumut Channel selain salah satu pendidikan keagamaan masyarakat di kota Medan juga sebagai media informasi, media diskusi dan media silaturrahmi.
Keywords
Full Text:
Untitled (Bahasa Indonesia)DOI: http://dx.doi.org/10.24127/att.v7i1.2691
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.