MENINGKATKAN SOFTSKILL SISWA MELALUI METODE PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING PEMBUATAN MAJALAH DINDING

Herny Frince Mehmory, William Sandy, Makmur Hasibuan, Desy Liliani Husain, Ory Syafari Jamel Sutiyan

Abstract


Penelitian terkait dengan upaya meningkatkan softskill sedang marak di kemabgnkan untuk dapat menhasilkan siswa yang mandiri dan memiliki kemampuan yang unggul. Sedangkan majalah dinding menjadi media yang tepat untuk dijadikan sebagai projek kelompok. Penelitian ini ingin melihat softskill yang akan dapat ditingkatkan oleh siswa SMAN 15 Maluku Tengah melalui projek pembuatan majalah dinding. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif berbasis projek, secara singkat guru memberikan intruksi kepada siswa untuk membuat majalah dinding dengan tema hari guru. Selain itu penilaian perkembangan softskill siswa dilihat dari aspek keberhasilan projek dan wawancara. Berdasarkan penelitian ini dapat disimpulkan bahwa pemberian tugas projek seperti majalah dinding kepada siswa SMAN 15 Maluku Tengah dapat meningkatkan softskill siswa ekstrakulikuler karya ilmiah remaja (KIR) seperti kemampuan menulis, kemampuan jurnalistik, kreatifitas dan kemampuan bekerjasama dan pengelolaan organisasi.


Keywords


: Softskill; Majalah dinding; Project Based Learning



DOI: http://dx.doi.org/10.24127/att.v7i1.2701

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

 

 

View My Stats

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.