KOMPARASI E-LEARNING PADA PROBLEM BASED INSTRUCTION DAN PROJECT BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR

Ambiyar Ambiyar, Yuliawati Yunus, Rizky Ema Wulansari

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan pengaruh penggunaan e-learning terhadap model Problem Based Instruction dan Project Based Learning terhadap hasil belajar, kemudian untuk mengetahui perbedaan antara kemampuan pemecahan masalah yang tinggi dan kemampuan pemecahan masalah yang rendah kemampuan pemecahan masalah terhadap hasil belajar, dan interaksi pengaruh model pembelajaran dengan kemampuan pemecahan masalah terhadap hasil belajar. Penelitian ini dilaksanakan di program studi manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Putra Indonesia Yptk Padang dengan mata kuliah Logika Algoritma dan Database. Uji persyaratan yang dilakukan adalah normalitas dan homogenitas, sedangkan uji hipotesis menggunakan analisis anova 2 jalur. Hasil penelitian ini menunjukkan perbedaan pengaruh penggunaan e-learning antara model problem based instruction dan project based learning. Terdapat perbedaan pengaruh antara siswa yang memiliki kemampuan pemecahan masalah tinggi dan rendah, serta terdapat interaksi antara perbedaan perbedaan antara penggunaan e-learning dalam model pembelajaran dengan kemampuan pemecahan masalah terhadap hasil belajar siswa.


Keywords


E-learning; Hasil Belajar; Kemampuan Pemecahan Masalah; Project Based Learning; Problem Based Instruction.



DOI: http://dx.doi.org/10.24127/att.v8i1.3337

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

 

 

View My Stats

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.