KOMPARASI E-LEARNING PADA PROBLEM BASED INSTRUCTION DAN PROJECT BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan pengaruh penggunaan e-learning terhadap model Problem Based Instruction dan Project Based Learning terhadap hasil belajar, kemudian untuk mengetahui perbedaan antara kemampuan pemecahan masalah yang tinggi dan kemampuan pemecahan masalah yang rendah kemampuan pemecahan masalah terhadap hasil belajar, dan interaksi pengaruh model pembelajaran dengan kemampuan pemecahan masalah terhadap hasil belajar. Penelitian ini dilaksanakan di program studi manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Putra Indonesia Yptk Padang dengan mata kuliah Logika Algoritma dan Database. Uji persyaratan yang dilakukan adalah normalitas dan homogenitas, sedangkan uji hipotesis menggunakan analisis anova 2 jalur. Hasil penelitian ini menunjukkan perbedaan pengaruh penggunaan e-learning antara model problem based instruction dan project based learning. Terdapat perbedaan pengaruh antara siswa yang memiliki kemampuan pemecahan masalah tinggi dan rendah, serta terdapat interaksi antara perbedaan perbedaan antara penggunaan e-learning dalam model pembelajaran dengan kemampuan pemecahan masalah terhadap hasil belajar siswa.
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)DOI: http://dx.doi.org/10.24127/att.v8i1.3337
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.