PENGARUH KECERDASAN EMOSIONAL DAN PERHATIAN ORANG TUA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA SD NEGERI 326 SINUNUKAN

Junita Irawati, Luana Sasabone, Ika Setiawati, Eka Supriatna, Muhammad Sapril Siregar

Abstract


Kecerdasan emosional yang rendah dapat menghambat fokus selama pembelajaran, yang mengarah pada hasil yang buruk. Tidak hanya itu saja, perhatian orang tua juga dianggap penting untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Meskipun tidak semua orang tua memenuhi tanggung jawab mereka, dorongan dan perhatian yang mendukung dapat mengarah pada kesuksesan akademik. Lingkungan rumah dan peran orang tua dapat berkontribusi pada rendahnya prestasi siswa dan keberhasilan atau kegagalan proses pembelajaran.  Penelitian yang dilakukan di SD Negeri 326 Sinunukan Kabupaten Mandailing Natal ini melibatkan 43 siswa, 19 laki-laki dan 24 perempuan, yang dipilih secara acak. Kuesioner yang digunakan untuk mengumpulkan informasi mengenai perhatian orang tua dan kecerdasan emosional, pengujian yang dilakukan yaitu Uji Validitas, Reliabilitas, Normalitas, Linearitas dan Uji Hipotesis. Penelitian ini menyimpulkan bahwa hasil belajar siswa kelas tiga di SD Negeri 326 Sinunukan, Kabupaten Mandailing Natal, dipengaruhi oleh perhatian orang tua dan kecerdasan emosional. Dalam hal ini, hal ini menunjukkan bahwa kecerdasan emosional siswa-yang dapat mereka ungkapkan melalui kesadaran diri, pengendalian diri, motivasi diri, empati, dan keterampilan sosial-sangat penting untuk meningkatkan hasil belajar mereka. Perhatian orang tua juga sangat penting untuk meningkatkan hasil belajar siswa karena hal tersebut memberikan rasa semangat dan memotivasi mereka untuk bekerja keras di kelas.


Keywords


Hasil belajar; kecerdasan emosional; perhatian orang tua



DOI: http://dx.doi.org/10.24127/att.v8i1.3340

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


situs toto

togel online

bandar togel

dewagaruda

PAWPAW4D