IMPLEMENTASI NILAI-NILAI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MEMBENTUK KARAKTER SISWA DI SANGGAR BIMBINGAN SUNGAI MULIA 5 MALAYSIA

Dwi Ratna Puji Astutik, Haris Supratno

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi bagaimana nilai-nilai Pendidikan Agama Islam memengaruhi karakternya siswa di Sanggar Bimbingan Sungai Mulia 5 Malaysia dan mengevaluasi implementasi nilai-nilai tersebut dalam pembentukan karakternya siswa di Sanggar tersebut. Data primer dan sekunder digunakan dengan pendekatan deskriptif kualitatif, yang melibatkan observasi, wawancara, dan dokumentasi daripada data numerik. Proses analisis data meliputi pengumpulan, reduksi, interpretasi, dan penarikan kesimpulan. Untuk memastikan keabsahan datanya, dilakukan pemeriksaan terhadap kepercayaannya, keterulihannya, dan kebergantungan datanya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Rencana pelaksanaan nilai-nilai Pendidikan Agama Islam dalam membentuk karakternya siswa melibatkan penerapan nilai-nilai ibadahnya, akhlaknya, dan muamalahnya. Praktik nilai-nilai agama Islam tercermin dalam kegiatan seperti doa sebelum dan sesudah belajar, pelaksanaan shalat sunnah dhuha, shalat sunnah hajat, shalat dzuhur dan ashar berjamaah, pembelajaran Al-Quran, dan adopsi budaya 3S. (2) Evaluasi hasil implementasi nilai-nilai Pendidikan Agama Islam dalam membentuk karakter siswa dilakukan melalui penilaian pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Ujian Akhir Semester (UAS), dengan memperhatikan partisipasi ibadah siswa. Temuan dari evaluasi ini akan dibahas dalam rapat bulanan dewan guru untuk menentukan langkah-langkah perbaikan yang diperlukan.


Keywords


Nilai-nilai Pendidikan Agama Islam, Karakter Siswa.



DOI: http://dx.doi.org/10.24127/att.v8i1.3344

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

 

 

View My Stats

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.