EFEKTIVITAS METODE BERCERITA PEWAYANGAN DEWA RUCI TERHADAP PENINGKATAN PENGETAHUAN PENDIDIKAN AKHLAK MURID UPT SD 47 GRESIK
Abstract
Sebuah Pembelajaran dapat dikatakan berhasil berdasarkan tingkat efektivitasnya. Dalam mencapai suatu tujuan pembelajaran diperlukan strategi atau metode yang tepat. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi efektivitas metode bercerita menggunakan Serat Pewayangan Dewa Ruci dalam meningkatkan pengetahuan pendidikan akhlak pada siswa kelas 6 UPT SDN 47 Gresik. Dengan menggunakan pendekatan kuantitatif dan desain eksperimen, penelitian ini melibatkan 35 siswa yang dipilih secara acak. Data dikumpulkan melalui kuesioner pre-test dan post-test, yang kemudian dianalisis menggunakan Uji T-Test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan metode bercerita pewayangan Dewa Ruci memiliki efektifitas dalam peningkatan pengetahuan pendidikan akhlak siswa UPT SDN 47 Gresik. Metode bercerita ini secara signifikan meningkatkan pengetahuan pendidikan akhlak siswa, dengan sebagian besar siswa mencapai peningkatan nilai dalam post-test. Siswa juga dapat belajar mengenai implementasi sifat tawakal, jujur, kreatif, kerja keras, disiplin, serta menghormati guru. Selain itu juga ada kemungkinan terjadinya pengembangan kemampuan bahasa pada anak.
A learning process can be considered successful based on its level of effectiveness. To achieve a learning goal, the right strategy or method is required. This study aims to evaluate the effectiveness of the storytelling method using the Serat Pewayangan Dewa Ruci in improving moral education knowledge among 6th-grade students at UPT SDN 47 Gresik. Using a quantitative approach and experimental design, the study involved 35 randomly selected students. Data were collected through pre-test and post-test questionnaires, which were then analyzed using the T-Test that the storytelling method with Dewa Ruci has effectiveness in enhancing moral education knowledge among the students of UPT SDN 47 Gresik. The storytelling method significantly improved students' moral education knowledge, with most students achieving higher scores in the post-test. Students also learned about implementing values such as trust in God, honesty, creativity, hard work, discipline, and respect for teachers. Additionally, there is a possibility of developing language skills in children.
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)DOI: http://dx.doi.org/10.24127/att.v8i2.3650
Refbacks
- There are currently no refbacks.